Bahaya Mengemudi Tanpa Alas Kaki

Bahaya Mengemudi Tanpa Alas KakiBagi sebagian kalangan, mengendarai mobil dengan bertelanjang kaki, bahkan dijadikan sebagai menjadi kebiasaan. Namun tahukah Anda, bahwa mengemudi tanpa alas kaki punya potensi bahaya yang sangat besar?

Bahaya Mengemudi Tanpa Alas Kaki

Bahaya Mengemudi Tanpa Alas Kaki
Bahaya Mengemudi Tanpa Alas Kaki

Menurut Hasnul Arifin, instruktur Rifat Drive Labs, mengemudi tanpa alas kaki sangat tidak aman. Kebiasaan seperti itu dapat mengakibatkan kecelakaan. "Kaki itu lama-kelamaan kan berkeringat. Saat berkeringatlah kaki menjadi licin dan bisa slip saat menginjak pedal,"

Memang belum ada hasil penelitian yang membuktikan, bahwa mengemudi tanpa alas kaki, berpotensi membawa kecelakaan bagi pengendara. Namun paling tidak jika mengacu pada karakter kaki manusia saat menekan tuas dengan tekanan dalam waktu yang lama, tentu akan mengeluarkan sedikit kerja otot pada bagian kaki. Belum lagi pindah tuas rem dan gas atau menekan pedal kopling dalam waktu lama. Bisa membuat kaki pegal dan akhirnya mengeluarkan keringat.

Hasnul memperingatkan para pengemudi untuk menggunakan alas kaki yang rata dibagian alasnya. Sebaiknya di dalam mobil, pengemudi menyediakan sandal atau sepatu yang khusus digunakan untuk berkendara. Tentunya untuk membantu pengendara jadi lebih fleksibel saat bosan menggunakan sepatu.

Menggunakan alas pada telapak kaki, juga akan mencegah kaki cepat pegal. Apalagi kalau pakai pedal aftermarket yang permukaannya biasanya jadi lebih licin. Jadi jangan pernah mengendarai mobil dengan bertelanjang kaki, agar anda bisa mengontrol pedal gas, rem dan kopling dengan feeling yang baik.

Related Posts: