Mengapa Ketika Bersin Mata Kita Tertutup

Mengapa Ketika Bersin Mata Kita Tertutup - Pasti banyak dari kita yang ingin tahu alasan mengapa ketika bersin mata kita tertutup dan itu bakal secara refleks terjadi karena memang otomatis kita tidak dapat menahan mata kita tetap terbuka waktu bersin. Orang bisa bersin karena berbagai sebab, bisa karena memang sedang pilek, atau hidung yang kemasukan debu, atau gara-gara alergi, tapi yang jelas apapun sebabnya, setiap orang bersin mata selalu otomatis tertutup. Apa memang orang saat bersin tidak bisa dengan mata terbuka, lalu mengapa?

Mengapa Ketika Bersin Mata Kita Tertutup

Mengapa Ketika Bersin Mata Kita Tertutup
Mengapa Ketika Bersin Mata Kita Tertutup

Beberapa Mitos serta Alasan Mengapa Ketika Bersin Mata Kita Tertutup

Beberapa dari kita mungkin pernah mendengar istilah stemutatory reflex, biasanya memang ini merupakan istilah yang digunakan oleh ahli medis dalam menyebut bersin dan diartikan sebagai hal refleks yang dapat membuat orang bersin. Bersin adalah hal yang baik jadi kalau memang berasa ingin bersin, tidak perlu ditahan-tahan karena fungsi dari bersin ini adalah untuk membersihkan hidung, terutama bagian faring. Faring itu sendiri adalah rongga yang terletak di antara tenggorokan, mulut dan hidung.

Kalau boleh dibilang, bersin tidaklah sesederhana mengeluarkan kotoran dari hidung atau faring tadi karena bersin juga dianggap sebagai tindakan rumit yang berasal dari tubuh kita. Memang teknisnya, jika ada kontak dengan mukosa hidung yang punya iritasi, maka secara langsung bersin pun terproduksi karena saraf trigeminal kita terangsang. Diketahui juga bahwa nantinya medullai dan pons pada otak kita pun ikut terangsang sehingga ada reaksi saraf tambahan yang dipicu. Lalu, kenapa mata tertutup setiap kali bersin?

Banyak dari kita tentu sadar dan seharusnya tahu bahwa proses bersin sama dengan adanya tekanan udara dari dalam ke luar dan memang terjadi secara luar biasa pada tubuh. Tekanan udara ini ada pada mata sehingga sangat penting untuk tidak memaksakan mata untuk tetap terbuka saat bersin. Mungkin ada yang mengira bahwa tekanan tambahan yang besar itu bakal membuat mata copot kalau dipaksa terbuka, sebenarnya tidak akan sampai seperti itu, hanya saja ada ketidaknyamanan yang akan dirasakan oleh mata kita. Itulah mengapa saat bersin mata kita menutup dengan refleks untuk melindungi mata itu sendiri.

Ada bagian tubuh lain yang akan terpengaruh saat seseorang bersin, yaitu wajah, leher, dada, serta perut karena dorongan tersebut. Waktu bersin, akan ada rangsangan yang bergerak melewati wajah kita dan itulah mengapa kelopak mata kita menjadi berkedip atau menutup yang merupakan reaksi spontan dan di luar dari kontrol kita. Namun, ada juga yang menyatakan alasan mengapa mata selalu tertutup saat bersin adalah supaya bakteri yang dikeluarkan oleh tekanan dari membran hidung tidak akan mengontaminasi kapiler darah dan saluran air mata.

Waktu kita bersin, otot-otot wajah kita akan menjadi tegang secara otomatis dan dikatakan juga bahwa jantung pun berhenti berdetak pada waktu bersin tersebut terjadi, namun setelah itu jantung bekerja seperti biasa kembali. Banyak juga yang tahunya kalau mata kita tidak menutup saat bersin maka mata akan melompat alias copot. Diketahui bahwa saat bersin, orang tersebut akan mengeluarkan benda-benda asing termasuk juga lendir yang ada pada hidung dan mulut dengan cepatnya, yaitu 161 km per jam.

Kalau sudah tahu bahwa bersin itu baik dan malah membersihkan hidung serta mulut kita, maka tidak ada alasan bagi kita untuk menahan bersin. Bisa-bisa kalau bersin ditahan nantinya malah ada bahaya-bahaya tertentu yang dapat terjadi. Semoga dengan alasan mengapa ketika bersin mata kita tertutup yang dibagikan di sini bisa menambah pengetahuan kita semua.

Related Posts: