Kenapa Bayi Menangis Saat Baru Lahir

Kenapa Bayi Menangis Saat Baru Lahir Mengapa Bayi Menangis Saat Baru Lahir? Inilah salah satu pertanyaan yang sering ada dibenak setiap orang. Adakah faktor-faktor penyebab tangisan bayi yang baru dilahirkan atau tangisan bayi ini merupakan hal yang biasa dan lumrah terjadi disetiap persalinan. Bagaimana penjelasan dari segi medis?

Kenapa Bayi Menangis Saat Baru Lahir


Kenapa Bayi Menangis Saat Baru Lahir
Kenapa Bayi Menangis Saat Baru Lahir

Mengapa Bayi Menangis Saat Baru Lahir? Inilah Jawabannya

Setiap bayi yang baru dilahirkan pada umumnya menangis dengan sekencang-kencangnya seolah-olah seperti sedang menghadapi penyiksaan. Tangisan kencang bayi ini merupakan hal yang biasa dan merupakan pertanda bahwa kondisi bayi tersebut normal dan sehat.

Kenapa bayi menangis saat baru lahir? banyak beredar jawaban konyol yang berkembang dimasyarakat yang dilihat dari segi mitos dan bahkan perkiraan ilmiah yang sebenarnya salah kaprah, berikut beberapa jawaban konyol atas menangisnya bayi yang baru lahir yaitu:

  1. Para dokter atau bidan yang membantu persalinan, memposisikan bayi dalam kondisi terbalik sehingga bayi merasa kaget dan menangis.
  2. Bayi adalah makhluk hidup yang sangat cengeng dan belum bisa berbicara sehingga hanya bisa menangis.
  3. Tangisan bayi merupakan tanda perjuangan perjalanan yang harus dilaluinya untuk sampai dilahirkan oleh ibunya.


Jawaban-jawaban diatas merupakan jawaban yang tidak memiliki dasar kebenaran dan bahkan agak konyol, namun jawaban itulah yang sering didengar dalam masyarakat awam. Sebenarnya ada makna dari tangisan bayi yang baru lahir, diantaranya adalah:

1. Sebagai alat komunikasi

Seorang bayi hanya dapat berkomunikasi dengan orang tuanya melalui tangisannya saja. Tangisan bayi saat baru lahir merupakan reaksi komunikasi yang disalurkannya karena adanya perubahan suhu sewaktu didalam dan diluar kandungan. Suhu didalam kandungan sekitar 36oC sedangkan suhu diluar kandungan memiliki suhu ruangan yang biasanya lebih rendah dari suhu tersebut. Hal inilah yang menjadi alasan bayi menangis saat baru lahir.

2. Sebagai pertanda pernafasan yang baik

Bayi yang baru dilahirkan memerlukan rangsangan mekanik untuk mendorongnya bernafas. Rangsangan ini terjadi ketika dada bayi menekan dinding rahim selama proses persalinan sehingga menyebabkan udara masuk ke paru-parunya. Jika bayi terlambat menangis atau bahkan tidak menangis sama sekali maka ada kemungkinan paru-paru bayi tersebut tidak berkembang dengan baik. Hal ini dapat berdampak pada fungsi organ-organ vital lainnya seperti jantung, hati, otak, dan organ lainnya.

3. Sebagai pendorong aktivitas tubuh

Bayi yang baru dilahirkan akan menangis dengan sekencang-kencangnya sehingga mengakibatkan seluruh tubuhnya bergerak. Gerakan ini adalah merupakan aktivitas pertama yang dilakukan oleh tubuh bayi. Ada satu penelitian yang menganalisis tentang hubungan tangisan bayi dengan kondisi mental ibunya, ternyata tangisan bayi yang baru lahir selama 30 detik mampu mengatur aktivitas bagian amigdala otak ibunya yaitu bagian otak yang berperan dalam emosi. Sehingga tangisan bayi yang baru lahir dapat menenangkan emosi sang ibu yang telah berjuang keras melahirkan bayinya.

Namun ternyata ada beberapa kasus yang menyebutkan adanya bayi yang tidak menangis saat dilahirkan atau asfiksia. Ada beberapa penyebab bayi tidak menangis saat dilahirkan, diantaranya adalah:

1. Kondisi ibu sebelum persalinan yang kurang baik

Salah satu penyebab asfiksia yaitu kondisi ibu yang kurang baik sebelum persalinan. Kondisi-kondisi tersebut diantaranya adalah:

  • Memiliki penyakit diabetes
  • Kondisi panggul yang sempit
  • Mengalami pendarahan sebelum persalinan
  • Kentalnya air ketuban
  • Mengalami anemia
  • Bercampurnya air ketuban dengan mekonium
  • Keracunan


2. Keadaan saat persalinan

Ada beberapa hal yang terjadi selama persalinan yang dapat menyebabkan asfiksia, diantaranya adalah:

  • Bayi terlilit tali pusar karena plasenta lepas terlebih dahulu
  • Bayi dilahirkan sungsang dan jalan keluarnya bayi mengalami penyempitan
  • Bayi terlahir kembar


Itulah beberapa informasi yang dapat menjawab pertanyaan ‘Mengapa bayi menangis saat baru lahir?’ dan dapat menghapus mitos dan jawaban konyol yang beredar dimasyarakat.

Related Posts: