Benarkah Wajah Mirip Itu Berarti Jodoh

Benarkah Wajah Mirip Itu Berarti Jodoh - Seringkali kita mendengar bahwa jika ada orang yang wajahnya mirip dengan kita, maka itu berarti ia merupakan orang yang tepat, tapi benarkah mitos wajah mirip berarti jodoh? Tidak ada yang bisa secara pasti menjelaskan fenomena ini. Meski begitu, memang banyak ditemui beberapa orang yang akhirnya menikahi orang yang wajahnya mirip dengan mereka.

Benarkah Wajah Mirip Itu Berarti Jodoh

Benarkah Wajah Mirip Itu Berarti Jodoh
Benarkah Wajah Mirip Itu Berarti Jodoh

Penelitian Tentang “Benarkah Mitos Wajah Mirip Berarti Jodoh?”

Mitos ini tidak berkembang hanya di Indonesia, tapi di beberapa negara juga ternyata percaya bahwa orang-orang yang memang sudah berjodoh memiliki struktur wajah yang sama. Hal ini tentu saja membuat para peneliti yang selalu mendasarkan segala sesuatu yang mereka ucapkan dan percaya melalui sains geram. Karena hal ini juga, ada sekelompok peneliti dari Institut des Sciences de L’Evolution de Montpellier Prancis yang akhirnya melakukan penelitian mengenai pertanyaan “wajah mirip berarti jodoh, benarkah?” yang sering dilontarkan orang-orang.

Penelitian yang dilakukan adalah dengan mengambil spesimen sebanyak 100 laki-laki dan memberi mereka perintah untuk memilih dari banyak foto tentang gadis mana yang mereka anggap menarik. Tes lain yang dilakukan juga sama, bahkan hingga jumlah spesimennya, yang berbeda adalah kali ini foto yang dihasilkan adalah wanita yang wajahnya dihasilkan oleh komputer agar mirip dengan para pria itu. Ternyata hasil penelitian tentang “benarkah mitos wajah mirip berarti jodoh?”ini berakhir dengan sebagian besar dari laki-laki tadi memilih gadis yang memiliki banyak kesamaan dengan wajah mereka sendiri.

Seorang psikologis dari University of Michigan yang bernama Robert Zajonc mengadakan sebuah eksperimen yang berbeda dengan cara melakukan analisa pada foto yang diambil oleh satu pasangan sebelum menikah dan foto mereka 25 tahun setelah menikah. Hasil yang ia dapatkan adalah ternyata pasangan tersebut malah semakin mirip seiring dengan berjalannya waktu. Ia juga menekankan bahwa dari penelitian yang berdasarkan pada fenomena wajah pasangan yang mirip ini, semakin bahagia pasangan tersebut maka akan semakin mirip juga mereka berdua.

Zajonc memiliki pendapat bahwa pasangan ini menjadi mirip karena orang-orang yang sering melakukan kontak secara dekat akan meniru ekspresi wajah satu sama lain. Hal ini berarti jika pasangan kita memiliki ide lelucon yang baik dan sering tertawa karenanya maka mereka akan mengembangkan garis tertawa di sekitar mulutnya, dan hal yang sama akan terjadi dari kita. Hal ini juga dimungkinkan karena orang tersebut sudah memiliki kepribadian yang sama, yang membuat wajah mereka kemudian berkembang ke arah yang sama. Meski begitu, hal ini belum menjadi jawaban kepada fenomona muka yang mirip berarti jodoh.

“Benarkah Mitos Wajah Mirip Berarti Jodoh?” Versi Artis

Ternyata yang mengalami kejadian ketertarikan dengan lawan jenis yang memiliki fitur wajah yang mirip juga terjadi pada artis-artis kelas dunia. Salah satu yang cukup terkenal adalah penyanyi Justin Timberlake dengan istrinya Jessica Biel yang cukup dikenal karena perannya sebagai Mary Camden dari serial TV 7th Heaven. Pasangan lainnya yang juga wajahnya cukup mirip adalah perempuan yang dulu pernah membintangi salah satu serial televisi yang mengubah format sitkom Amerika yang berjudul Friends, yaitu Courteney Cox dan suaminya Johnny McDaid yang cukup terkenal sebagai musisi dari Irlandia. Dengan banyaknya bukti-bukti yang ada, apakah anda juga mulai mempertanyakan pertanyaan itu? Bahwa benarkah mitos wajah mirip berarti jodoh?

Related Posts: