Tempat Tidurmu Itu Sarang Penyakit Ternyata

Tempat Tidurmu Itu Sarang Penyakit TernyataKalau kamu berpikir tempat tidurmu adalah tempat yang nyaman dan pastinya paling bersih hanya karena kamu jarang mengotorinya, maka bersiaplah dengan kenyataan ini: Tempat tidurmu sebenarnya adalah wilayah paling terselubung yang bisa menularkan penyakit. Ini karena tungau, sel kulit mati, kotoran, dan berbagai jenis debu tumbuh, hidup, bahkan mati di sana.

Menurut ahli kesehatan, tungau dan debu kecil yang bergunduk di tempat tidur meningkatkan risiko seseorang terkena flu dan menderita alergi. Selain itu, seprai yang digunakan juga bisa jadi tempat bersarangnya kuman bakteri dan virus perut yang menyebabkan flu atau keracunan makanan.

Tempat Tidurmu Itu Sarang Penyakit Ternyata

Tempat Tidurmu Itu Sarang Penyakit Ternyata
Tempat Tidurmu Itu Sarang Penyakit Ternyata

Sayangnya, penyakit yang disebut "sindrom kasur" ini sangat jarang disadari sebagai pemicu sakit pada seseorang.

virus akan terperangkap di kasur
Rumah atau kamar tidur yang kurang mendapat cahaya sangat mungkin memerangkap kelembaban, terutama jika jendela juga selalu dibiarkan tertutup. Ini menciptakan lingkungan nyaman bagi pertumbuhan drastis tungau yang cenderung hidup di daerah lembab dengan suhu hangat.

Makanya jangan aneh jika tubuhmu rentan teritasi alergi, eksim, demam, dan asma.

Lebih mengejutkan lagi, ternyata virus dan bakteri juga bisa tersebar saat kamu mengalami flu, karena kuman apa pun nggak bakal mudah menghilang sekalipun kamu mencuci seprai sampai bersih.

Apalagi, bakteri salmonella penyebab keracunan perut sewaktu-waktu bisa keluar saat kamu sedang berada di tempat tidur, dan ini lebih berisiko menyebar bagi orang yang sering tidur telanjang.


Meski begitu kamu nggak perlu khawatir gaes

Untuk menangkalnya, para ahli kesehatan menyarankan untuk merendam seprai dalam air bersuhu panas dengan menggunakan deterjen antibakteri.

Selain itu, coba buka jendela kamar untuk mengurangi kelembaban dan menghalau pertumbuhan tungau. Rajinlah membersihkan kamar, mengebutkan seprai, dan menyedot debu secara teratur agar tungau nggak mudah tumbuh.

Kamu juga bisa menggunakan lantai atau ranjang berbahan kayu untuk mencegah tungau terus hidup. Dan lebih aman lagi, kamu juga perlu mencuci pakaian tidurmu secara teratur maksimal setelah dua atau tiga kali pemakaian agar kuman nggak terus tumbuh sehingga hidup sehat bisa kamu wujudkan!

Related Posts: